Budidaya Melon: Varietas Unggulan Melon Hibrida

Budidaya Melon: Varietas Unggulan Melon Hibrida

Budidaya Melon. Dari beberapa jenis melon di artikel Kenalan Dulu dengan Buah Melon, lahirlah banyak hibrida melon.  Melon yang banyak ditanam di Indonesia berasal dari Taiwan sehingga terkesan melon Taiwan mendominasi hibrida melon di Indonesia. Pemilihan varietas sesuai target pasar adalah kunci sukses dalam budidaya melon.
Untuk memilih varietas yang akan diproduksi, berikut disajikan deskripsi varietas melon hibrida. Diharapkan deskripsi tersebut dapat dijadikan panduan dalam memilih varietas agar dapat menyasar taget pasar yang paling memberikan peluang keuntungan yang besar.

1. Sunrise Meta

Melon-Sunrise-Meta

Melon Sunrise Meta

Varietas Sunrise Meta merupakan varietas melon hasil pemuliaan yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB. Kulit buah varietas melon ini berwarna putih dan tidak berjala. Bentuknya agak lonjong. Umur panenya sekitar 60 hari setelah tanam. Daging buahnya berwarna oranye, teksturnya kenyal-renyah, dan rasanya manis (tingkat kemanisa 12° Brix). Buah Melon Sunrise Meta berbobot sekitar 1,5-2,2 kg per buah. dengan diameter buah sekitar 11-14 cm. Melon Sunrise Meta dapat dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian 250-350 meter di atas permukaan laut dan baik ditanam pada musim hujan. Produktivitas Melon Sunrise Meta adalah 24-28 ton per hektar.

2. Sky Rocket

Melon-Sky-Rocket

Varietas Melon Sky Rocket

Bobot buah dari varietas ini bisa mencapai 3 kg. Bnetuk buahnya bulat, kulitnya berwarna hijau kekuningan dan berjala. Daging buahnya berwarna hijau muda, rasanya manis, dan teksturnya kenyal. Umur panen sekitar 65 hari setelah tanam.

3. Apollo

Varietas melon ini diproduksi oleh PT.Known You Sedd. Kulit buahnya berwarna kuning cerah, tidak berjala. Daging buahnya putih,teksturnya renyah, dan rasanya manis. Bentuk buahnya lonjong dan bobotnya bisa mencapai 2 kg. Umur panen sekitar 60 hari setelah tanam.

Varietas-Melon-Apollo

Varietas Melon Apollo

4. Autumn Sweet

Tanaman berbatang kuat dan mudah tumbuh. Buah matang sekitar 40 hari setelah pembungaan. Buah bentuk bulat seperti bola, jaring pada kulitnya halus dan teratur, warnanya kuning hijau, bobot buahnya 1.3 kg. Daging buah tebal, Empuk, berarie, aromatik, berwarna cenderung keputih-putihan, tetapi kadang-kadang berubah jingga cerah. kandungan gulanya 13-16%. Varietas ini lebih sesuai bila ditanam didaerah kering.

5. Ten-me

Tanamannya berbatang sangat kuat. Toleran terhadap penyakit dan mudah berbuah. Di daerah yang bersuhu rendah, buah akan tampil lebih menarik. Buah bisa dipanen 45-50 hari setelah pembungaan. Buah berbentuk bulat panjang, bobot rat-rata 1-1.5 kg, berwarna keputih-putihan atau putih krem. Kulit buah berjaring halus dan teratur serta atraktif.  Kandungan gula sekitar 14-16%. Daging buah tebal, putih krem, sangat lembut, berair, aromatikdan sangat enak.  Hibrida ini termasuk salah satu hibrida berkualitas unggul dan menguntungkan untuk diusahakan secara intensif.

6. Red Aroma

Jenis hibrida ini adalah salah satu produk unggulan dari Known You Seed. Banyak petani yang telah membudidayakan melon varietas red aroma.  Bentuk buahnya buat Lonjong, berat buahnya bisa mencapai 2.5 kg, warna kulit buah melon hijau abu dan berjala. Daging buahnya berwarna jingga, memiliki aroma yang khas. Jenis ini juga terkenal akan tingkat kemanisan yang tinggi, kadar gula 15-19%. Keunggulan lainnya adalah tahan pengangkutan dalam waktu yang lama dan varietas hibrida ini tahan terhadap serangan virus.

Category : Artikel &Tanaman Melon Posted on April 12, 2012

One Comment → “Budidaya Melon: Varietas Unggulan Melon Hibrida”

  1. [...] budidaya melon diawali dari pemilihan varietas yang tepat. Varietas melon yang umum beredar di pasaran diantaranya [...]

    Reply

Leave a Reply