Kenalan Dulu dengan Buah Melon

Kenalan Dulu dengan Buah Melon

Sebelum membahas bagaimana cara budidaya melon, terlebih dahulu kita kenalan dulu dengan buah melon. Melon pertama kali dikembangkan oleh orang Moor (Orang Islam Spanyol) di Spanyol. Tanaman Melon kemudian menyebar keberbagai negara termasuk Indonesia. Melon mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1980 an.

Dilihat dari tipenya, dikenal dua tipe melon, yaitu tipe manis dan tipe tidak manis. Melon dengan tipe manis biasanya dikonsumsi sebagai buah segar, sedangkan melon tipe tidak manis dikonsumsi untuk sayur, olahan, campuran minuman dan lain-lain.

Tipe Melon tidak manis kurang dikenal di Indonesia. Ada satu varietas yang terdapat disini yaitu Oriental Pickling Melon atau dikenal dengan mentimun krai. buah melon ini kecil memanjang. Dari tipe ini ada yang buahnya bisa besar contohnya mentimun poan. mentimun ini berbentuk oval silindris, kulit buah halus, berwarna kuning dengan strip putih memanjang. buahnya dapat dimanfaatkan untuk olahan atau untuk campuran minuman segar.

Melon tipe manis terdiri dari beberapa varietas terkenal diantaranya:

1. Musk Melon

Buahnya bulat dengan bobot rata-rata 1-1.8 kg. Kulitnya kasar dan berjaring atau beralur, berwarna kekuningan, daging buah berwarna jingga dan ada juga yang berwarna hijau-cerah. Contoh dari jenis ini adalah melon dari kelompok Italo-America.

2. Cantaloupe Melon

Buahnya bulat sedikit lonjong dengan bobot rata-rata 1.2-1.8 kg. Kulit buah halus atau berjaring, berwarna hijau keputih-putihan, daging buah berwarna jingga, kandungan gulanya tinggi dan aroma tajam dan tidak tahan disimpan lama. contoh melon dalam kelompok French Charantais dan Sakata 144.

3. Winter Melon

Buahnya bulat telur dengan bobot rata-rata 1.5-2.5 kg dan kematangannya lamban. Kulit buahnya halus bergaris-garis atau belang, berwarna hijau-kuning-puith susu, daging buahnya keras, warnanya putih-hijau cerah, kandungan gulanya tinggi, aroma tajam dan tahan disimpan lama. Contoh dari melon jenis ini yang telah lama dibudidayakan adalah kelompok Casamba dan Honey Dew.

4. Chinense Hami

Buahnya bulat telur memanjang, berjaring halus. Bobot rata 1,5-2 kg kulit buah kekuning-kuningan sampai hijau cerah. Daging buahnya kering, sangat masnis, berwarna jingga cerah sampai merah jambu, dan mudah hancur bila matang. Melon ini bisa dibudidayakan secara vertikal karena pertumbuhannya bisa pendek. tanaman melon ini juga dikenal mudah beradaptasi di daerah dingin. Tipe melon hami ini maksudnya adalah melon yang berasal dari Hami Cina Barat.

5. Oriental Sweet Melon

Buah melon berbentuk bulat telur, bobot rata-rata 0,4-0,6 kg. Kulit buahnya halus, berwarna hijau pucat sampai kuning keputih-putihan.Daging buanh sangat manis, aroma dan rasanya kurang tajam. tanaman ini mudah beradaptasi di daerah panas dengan iklim lembab.

Category : Artikel &Tanaman Melon Posted on April 11, 2012

One Comment → “Kenalan Dulu dengan Buah Melon”

  1. [...] beberapa jenis melon di artikel Kenalan Dulu dengan Buah Melon, lahirlah banyak hibrida melon. Melon yang banyak ditanam di Indonesia berasal dari Taiwan sehingga [...]

    Reply

Leave a Reply